Jenis Kertas Yang Digunakan Untuk Cetak Dus Makanan

Cetak dus makanan diperlukan oleh pengusaha di bidang penyediaan kuliner. Pencetakan sekaligus pembuatan kemasan akan membuat makanan lebih terjaga. Dan ini juga memberikan nilai tambah dalam sebuah bisnis.

Nilai tambah yang dimaksud ialah sebagai media promosi usaha. Orang lain akan mengenali bisnis yang dibangun. Ini sekaligus bisa mengundang pelanggan lebih banyak kedepannya.

Dalam pembuatannya, dus makanan ini dibuat dari berbagai macam bahan. Setiap bahan memiliki kelebihan tersendiri. Di sini, kami akan menunjukkan jenis bahan yang sering dipilih oleh pengguna jasa cetak dus makanan di percetakan surabaya

Kertas Ivory
Ivory merupakan jenis kertas yang cukup banyak digunakan untuk mengemas kue ataupun makanan. Kertas ini memiliki tampilan istimewa. Bagian dalamnya berwarna putih kasar. Sementara bagian luar/atas dibuat lebih halus dengan adanya laminasi.

Laminasi glossy paling sering diterapkan pada kertas. Laminasi ini memberikan kesan lebih berkilau. Berkilaunya lapisan membuat tampilannya semakin istimewa.

Sebagai salah satu bahan pengemas makanan, kertas ini dipandang lebih aman. Setidaknya, bahan ini sudah mematuhi standar food grade. Artinya, makanan yang tersimpan dalam kertas ini tidak mengalami perubahan rasa maupun kualitasnya.

Kelebihan dari kertas Ivory ialah cukup kuat dan tahan lama. Kekuatannya didapatkan dari ketebalannya yang cukup. Ketebalannya memungkinkan bahan tidak mudah sobek.

Anda bisa menempatkan cukup banyak makanan ke dalamnya. Selama penataan makanan rapi, kemasan dari bahan ini akan bertahan lebih lama. Makanan tidak terlalu memberi tekanan berarti pada bahan.

Selain itu, pencetakan dus makanan dengan kertas ini cukup mudah. Pencetakan bisa dilakukan dengan printer injeksi. Ini berarti bahwa proses cetaknya akan sangat cepat. Hasilnya juga sangat bagus.

Kelebihan lainnya terdapat pada tampilannya. Tampilannya lebih elegan. Anda yang menginginkan kemasan makanan yang menarik, dus dari kertas ivory menjadi pilihan yang tepat.

Kertas Duplex
Kertas duplex merupakan jenis kertas paling ekonomis. Kertas ini memperlihatkan tampilan berwarna putih mengkilap pada bagian luar. Kemudian bagian dalamnya sering berwarna abu-abu.

Kertas ini paling sering dimanfaatkan seseorang untuk membungkus nasi. Sebagian juga memanfaatkannya untuk menyimpan aneka kue. Khususnya untuk kue hajatan seperti arisan, kumpulan keluarga dan lain sebagainya.

Bahan ini bisa didesain sesuai keinginan pemesannya. Desain ini hanya dilakukan pada sisi terluar. Desainnya mengikuti pesanan yang pemesan inginkan.

Untuk dus ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Harganya lebih murah. Cocok bagi Anda yang ingin menghemat budget.

Jenis lain yang lebih tinggi adalah kertas duplex putih (CWB). Bahan ini ditawarkan dengan berbagai ketebalan. Di antaranya adalah 230, 250, dan 300 gram.

Tampilannya lebih bagus ketimbang duplex standar. Tampilan ini sudah cukup untuk membuat kemasan lebih menarik.

Pada penerapannya, kertas duplex bisa dijadikan sebagai bahan pembungkus makanan apapun. Bahkan, ada yang digunakan sebagai gelas untuk menampung minuman. Tentunya, bahan ini dilengkapi dengan bahan lainnya.

Yang perlu Anda pahami, kertas ini hanya ditujukan untuk penggunaan sekali pakai. Anda tidak bisa menggunakannya berulang. Karena ini bisa mempengaruhi kualitas simpanan barang.

Anda juga perlu berhati-hati dalam memanfaatkannya. Hindari meletakkan makanan secara berjejalan. Tekanan kuat ini bisa membuat dus mudah sobek. Untuk itulah, Anda perlu jeli dalam mengatur makanan dan meminimalkan gesekan yang membuatnya sobek.

Itulah beberapa jenis kertas yang paling sering digunakan untuk mengemas makanan. Jika ingin kemasan lebih tahan lama, kertas ivory tentu bisa diandalkan. Dan hasil cetak dus makanan dengan kertas ini lebih jelas dan bagus.